-->

Menyembuhkan Flu Ala Rumahan

Gejala flu dapat menyebabkan dunia menderita, mulai dari demam dan batuk hingga radang tenggorokan , hidung tersumbat, sakit, dan kedinginan. Tetapi ada beberapa cara untuk merasa lebih baik.
Obat-obatan antivirus yang diresepkan dapat meredakan gejala-gejala flu ketika dikonsumsi tidak lama setelah Anda sakit. Namun, dalam banyak kasus, pengobatan rumahan sederhana mungkin adalah yang Anda butuhkan untuk meredakan gejala flu ringan hingga sedang.

Berikut adalah 10 solusi alami untuk flu:

1. Minumlah. Flu bisa membuat Anda dehidrasi, terutama jika muntah atau diare . Jadi pastikan untuk mendapatkan cairan yang cukup. Air baik-baik saja. Begitu juga jus buah dan minuman elektrolit. Anda mungkin ingin menghindari minuman berkafein, karena kafein bersifat diuretik. Teh herbal dengan madu dapat meredakan sakit tenggorokan . Jika Anda merasa mual, cobalah meminum sedikit cairan - tegukan mungkin menyebabkan Anda muntah. Bagaimana Anda bisa yakin mendapat cukup cairan? Urin Anda harus berwarna kuning pucat, hampir tidak berwarna.

Bagaimana dengan minum alkohol? Tidak mungkin. "Ketika Anda terserang flu, hal terakhir yang ingin Anda lakukan adalah minum alkohol," kata William Schaffner, MD, ketua kedokteran pencegahan di Fakultas Kedokteran Universitas Vanderbilt di Nashville, Tenn. "Itu membuat Anda mengantuk, dan flu melakukan itu sudah."

2. menyesap sup. Selama beberapa generasi, orang tua yang peduli telah menyajikan sup ayam untuk anak-anak yang masuk angin dan flu. Tetapi apakah ibu benar? Mungkin. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Chest menunjukkan bahwa sup ayam dapat membantu dengan gejala infeksi saluran pernapasan atas seperti flu.

“Saya percaya bahwa sup ayam memang membantu mengatasi gejala,” kata Reid B. Blackwelder, MD, profesor kedokteran keluarga di East Tennessee State University di Kingsport. Tetapi tidak semua dokter setuju bahwa chemistry saja menjelaskan manfaat nyata sup. "Ketika Anda membungkuk di atas semangkuk sup ayam panas dan uapnya naik ke hidung Anda, Anda merasa lebih baik," kata Schaffner. “Tetapi beberapa [manfaatnya] jelas emosional. Itu hanya membuatmu merasa lebih baik memiliki seseorang membuatkan sup untukmu. ”

3. Jadilah kentang sofa. Dengarkan tubuh Anda. Jika itu memberitahu Anda untuk tidak berolahraga , jangan. Jika itu mendesak Anda untuk menghabiskan sepanjang hari di tempat tidur, lakukanlah. Jangan terus melakukan pekerjaan sehari-hari bahkan dalam menghadapi gejala pilek atau flu yang parah . Istirahat adalah "cara lain untuk mendukung kemampuan tubuh untuk melawan infeksi," kata Blackwelder.
Dan jangan berhemat pada tidur malam hari . " Siklus tidur yang baik membantu sistem kekebalan tubuh bekerja dengan baik, jadi penting untuk tidur delapan jam penuh setiap malam," kata Schaffner.

4. Melembabkan. Menghirup udara basah membantu meringankan hidung tersumbat dan sakit tenggorokan . Salah satu strategi yang baik adalah menikmati mandi beruap beberapa kali sehari - atau cukup mandi dan duduk di kamar mandi selama beberapa menit, menghirup uap. Cara lain adalah dengan menggunakan alat penguap uap atau pelembab udara. Bersihkan sering untuk memastikan itu bebas dari jamur dan jamur.

5. Buat tenda. Perlu cara cepat untuk membuka saluran udara yang tersumbat? Didihkan panci air dan angkat dari api. Gantungkan handuk di atas kepala Anda, tutup mata Anda , dan sandarkan diri Anda di atas air di bawah "tenda", bernapas dalam-dalam melalui hidung Anda selama 30 detik. David Kiefer, MD, instruktur klinis kedokteran keluarga di Fakultas Kedokteran Universitas Washington di Seattle, merekomendasikan untuk menambahkan satu atau dua tetes minyak peppermint atau eucalyptus ke dalam air untuk kekuatan penghilang dahak ekstra. Ulangi ini sesering yang diperlukan untuk mengurangi kemacetan.

6. Coba kompres hangat. Di dahi dan hidung, kain hangat adalah cara yang bagus untuk meredakan sakit kepala atau sakit sinus .

7. Jadilah pengisap. Obat batuk , obat penenang tenggorokan, dan permen keras bisa sangat efektif meredakan batuk atau sakit tenggorokan. Beberapa dokter, termasuk Kiefer, bersumpah dengan tablet hisap yang mengandung elm yang licin. Yang lain merekomendasikan tablet hisap seng untuk membantu mempersingkat gejala pilek , meskipun Schaffner tidak yakin akan keefektifannya. "Jika ada efek [terhadap pilek dan flu], itu kecil," katanya. "Aku berharap pengaruhnya sama baiknya dengan selera mereka yang buruk."

8. Desir dan ludah. Berkumur dengan air garam membantu menghilangkan lendir kental yang dapat terkumpul di bagian belakang tenggorokan, terutama setelah Anda berbaring. Ini juga dapat membantu meredakan telinga yang pengap, kata Kiefer.

9. Cobalah irigasi hidung . Untuk meredakan hidung tersumbat dan tetesan pasca hidung - dan mungkin mengurangi risiko infeksi sinus - beberapa dokter merekomendasikan irigasi hidung . Anda dapat membeli neti pot di toko makanan kesehatan dan toko obat, atau memilih botol perasan garam. Anda menuangkan air garam ke dalam satu lubang hidung dan membiarkannya mengalir keluar, membersihkan saluran hidung Anda. Anda dapat membeli larutan saline buatan atau membuatnya dengan mencampur garam dan air hangat steril atau suling.

10. Berbaris pengasuh. Pengasuh tidak dapat menurunkan suhu tubuh Anda atau menyembuhkan sakit tenggorokan, tetapi "memiliki seseorang untuk memasukkan Anda ke tempat tidur dan membawa Anda cairan sangat menghibur," kata Blackwelder. Jika seorang teman atau anggota keluarga menawarkan bantuan, bahkan jika itu hanya untuk mampir dan memeriksa Anda, hitung berkah Anda - dan terima semuanya.
LihatTutupKomentar